Kamis, 08 November 2012

Praktikum Percepatan Gravitasi Bumi


I.         LAPORAN HASIL PRAKTIKUM

MENENTUKAN PERCEPATAN GRAVITASI BUMI DI SMAN 7 DENPASAR 


  1. Latar Belakang

      Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari ilmu fisika, dimulai dari yang ada dari diri kita sendiri seperti gerak yang kita lakukan setiap saat, energi yang kita pergunakan setiap hari sampai pada sesuatu yang berada diluar diri kita, salah satu contohnya adalah permainan ditaman kanak-kanak, yaitu ayunan. Sebenarnya ayunan ini juga dibahas dalam ilmu fisika, dimana dari ayunan tersebut kita dapat menghitung perioda yaitu selang waktu yang diperlukan beban untuk melakukan suatu getaran lengkap dan juga kita dapat menghitung berapa besar gravitasi bumi di suatu tempat.



Pada percobaan ini, saya akan mencoba mencari percepatan gaya gravitasi bumi di SMA Negeri 7 Denpasar. Dalam percobaan ini ayunan yang dipergunakan adalah ayunan yang dibuat sedemikian rupa dengan bebannya adalah bandul fisis atau juga bisa menggunakan beban yang lainnya.

      Pada dasarnya percobaan dengan bandul ini tidak terlepas dari getaran, dimana pengertian getaran itu sendiri adalah gerak bolak balik secara periodia melalui titik kesetimbangan. Getaran dapat bersifat sederhana dan dapat bersifat kompleks. Getaran yang dibahasntentang bandul adalah getaran harmonik sederhana yaitu suatu getaran dimana resultan gaya yang bekerja pada titik sembarangan selalu mengarah ke titik kesetimbangan dan besar resultan gaya sebanding dengan jarak titik sembarang ketitik kesetimbangan tersebut. Maka dari itu saya menyelesaikan laporan ini untuk mendapatkan nilai praktikum fisika dimana saya mencoba mengukur percepatan grafitasi yang ada di sekitar sekolahan yaitu di SMA Negeri 7 Denpasar sehingga saya dapat mengetahui apakah hasilnya sama seperti yang ada pada sumber-sumber buku atau literature lain yang menyebutkan bahwa percepatan gaya gravitasi bumi adalah 9,8 m/s

2.  Pendahuluan

A.   Rumusan Masalah
1.      Bagaimana mencari nilai percepatan gravitasi bumi di SMA Negeri 7 Denpasar dengan menggunakan sebuah beban/bandul?
2.      apakah nilai tersebut sesuai dengan nilai konstanta percepatan gravitasi bumi (g = 9.8 m/s2) atau tidak ?
B.   Tujuan
Berdasarkan permasalahan yang ada, maka tujuan dari percobaan ini adalah untuk mengamati perioda osilasi beban / bandul dan kemudian menentukan besar percepatan gravitasi bumi di suatu tempat dimana ditetapkan tempat itu adalah SMA Negeri 7 Denpasar.
C.    Manfaat
Kita dapat mengaplikasikan rumus gravitasi dalam kehidupan nyata dan dapat membuktikan apakah literature pada buku tentang gaya gravitasi yang ditetapkan sebesar 9,8 adalah benar atau salah.

 3. Landasan Teori


Benda yang bergerak harmonis sederhana pada ayunan sederhana memiliki periode alias waktu yang dibutuhkan benda untuk melakukan satu getaran secara lengkap. Benda melakukan getaran secara lengkap apabila benda mulai bergerak dari titik di mana benda tersebut dilepaskan dan kembali lagi ke titik tersebut.
Ketika beban digantungkan pada ayunan dan tidak diberikan gaya maka benda akan diam di titik kesetimbangan B. jika benda ditarik dari posisi A lalu di lepas benda akan mulai bergerak dari titik A lalu ke titik B, titik C dan kembali lagi ke B dan A. Urutannya adalah A-B-C-B-A. Seandainya benda dilepaskan dari titik C maka urutan gerakannya adalah C-B-A-B-C.

Mencari periode dalam praktikum ini dapat digunakan rumus:
                           Keterangan:
1.      T          : Periode
2.      t           : waktu
3.      n          : jumlah getaran

Gravitasi adalah gaya tarik menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Fisika modern mendeskripsikan gravitasi menggunakan Teori Relativitas Umum dari Einstein, namun hukum gravitasi universal Newton yang lebih sederhana merupakan hampiran yang cukup akurat dalam kebanyakan kasus.
Sebagai contoh, bumi yang memiliki massa yang sangat besar menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar untuk menarik benda-benda di sekitarnya, termasuk makhluk hidup, dan benda-benda yang ada di bumi. Gaya gravitasi ini juga menarik benda-benda yang ada di luar angkasa, seperti bulanmeteor, dan benda angkasa lainnya, termasuk satelit buatan manusia.
Beberapa teori yang belum dapat dibuktikan menyebutkan bahwa gaya gravitasi timbul karena adanya partikel gravitron dalam setiap atom.
Jadi gerak gravitasi dapat di rumuskan

       Keterangan:
1.      g          : percepatan gravitasi
2.      l           : panjang tali
3.      T          : periode


IV.    4. METODE PRAKTIKUM
A.    Alat dan Bahan
1.       Beban 
2.       statip
3.       Benang 1 m
4.       Stopwatch
5.       Alat tulis
B.     Langkah Kerja
1.       Gantungkan tali sepanjang 1m pada statip
2.       Ayunkan beban dengan simpangan kira-kira 5 cm
3.       Cari waktu yang diperlukan untuk beberapa getaran. Jika titik B adalah titik keseimbangan ayunan dan titik A adalah simpangan terjauh beban, maka perhitungan 1 getaran adalah diawali dari A melalui B ketitik yang lain C (misalnya) kembali melalui C dan berakhir di titik A lagi )lihat gambar diatas).
4.       Catat dan masukkan ke dalam table data, pada lembar data yang telah tersedia.
5.     Tentukan periode untuk masing-masing ayunan dengan rumus yang tersedia
6.     Tentukan harga percepatan grafitasi g dengan rumus yang tersedia

V.      5. Hasil Percobaan & Pembahasan

A.     Hasil Percobaan

No.
Banyak getaran
(n)
Waktu
(t)
Periode
(T)
g
(cms2)
1.
6
11,95
1,991666667
9,9
2.
4
8,03
2,0075
9,8
3.
9
17,98
1,99777777
9,9
Rata-Rata
9.86
B.     Pembahasan
1.      Percobaan 1
 

9,942279729 dibulatkan menjadi g = 9,9 m/s2

2.      Percobaan 2

9,786066882 dibulatkan menjadi g = 9,8 m/s2

3.      Percobaan 3

9,88154687 dibulatkan menjadi g = 9,9 m/s2


4.      Rata-Rata
 m/s2

VI.        6. Kesimpulan



Ruang di sekitar benda bermassa disebut medan gravitasi. Medan gravitasi ditimbulkan oleh benda-benda bermassa . Sebuah benda yang dipengaruhi medan gravitasi akan mendapatkan gaya gravitasi.

Percobaan diatas juga didukung dengan tingkat ketelitian yang tinggi yang berkisar antara 100% yang sesuai dengan hasil analisis data sehingga dapat menjamin bahwa data hasil pengamatan tidak terjadi kesalahan dalam penghitungannya.

Jika kita mengukur mungkin pada penghitungan atau pengukuran dilakukan dengan teliti maka hasilnya akan tepat.Ternyata hasil dari praktikum yang saya lakukan saat mengukur percepatan grafitasi di lingkungan sekolah yaitu SMA Negeri 7 Denpasar dapat membuktikan teori yang ada pada sumber-sumber buku atau literatur yang lain yang mengatakan bahwa percepatan gravitasi bumi adalah 9,8 m/s2 walaupun harus mencoba beberapa kali hingga mendapat ketelitian data yang tepat.

2 komentar:

Template by:

Free Blog Templates